Skip to main content

Review Novel Bertemu Proses, Journey to Your Heart karya Mumu Rahadi


Judul Buku   : Bertemu Proses, Journey to Your Heart
Penulis           : Mumu Rahadi
Penerbit        : Penerbit Bhuana Sastra (Imprint Penerbit Bhuana Ilmu Populer)
Cetakan        : Cetakan I, 2017
Genre             : Le Mariage
ISBN              : 978-602-455-455-2        

Kali ini saya membaca novel karya Mumu Rahadi, novel yang manis dengan judul Bertemu Proses, Journey to Your Heart, sebuah novel tentang pernikahan, perjodohan, percaya, LDR dan jatuh bangun dalam merangkai cinta.
Seperti judulnya Bertemu Proses, Journey to Your Heart novel ini mengisahkan tentang perjodohan antara dua insan manusia. Chlo dan Khal. Chlo yang sudah berprinsip untuk tidak menikah sampai akhir hidupnya harus menerima kenyataan ketika pada suatu hari orangtuanya menjodohkannya dengan anak sahabat orangtuanya, Khal, seorang lelaki berusia 30 tahunan yang masih melajang karena trauma dengan cinta pertamanya. Chlo harus menerima jebakan orangtuanya dalam proses pernikahan yang singkat, tentu saja karena Chlo satu-satunya anak di keluarganya dan sudah berusia cukup matang untuk menikah, 27 tahun.
Di sini digambarkan bahwa Chlo adalah seorang guru SMA, PNS yang di tempatkan di daerah yang cukup pelosok dan minim sinyal, Sungai Bering, Ketapang, Kalbar. Chlo adalah sosok wanita yang mandiri, modern dan berkharismatik. Hanya saja dia memiliki kelemahan yaitu “jorok”, sangat mengabaikan kebersihan di rumahnya. Berbeda dengan Khal, Khal adalah sosok yang sangat mencintai kebersihan, tegas dan tampan. Khal sendiri adalah seorang manager di salah satu Bank Syariah ternama di Ketapang.
Karena pekerjaan mereka, maka mereka harus rela LDR (Long Distance Relationship). Khal harus meluangkan waktu setiap akhir pekan mengunjungi Chlo.  Meski awalnya Chlo tidak menyukai perjodohan ini namun dia sadar jika posisi dia kini adalah seorang istri. Meski terkadang apa yang diucapkan Chlo terhadap Khal adalah sesuatu yang tidak menyenangkan, tetapi tapa sadar Chlo berusaha menjalankan peran sebagai istri dengan baik. Chlo terkadang berbuat menyebalkan hanya karena dia tidak terbiasa bergantung dan tidak ingin di dikte oleh laki-laki.
Khal sendiri yang sejak awal perjodohan mereka sudha merasa tertarik dengan Chlo, berusaha melindungi Chlo dengan berbagai aturan. Meski begitu, Chlo tetap patuh menjalankan apa yang telah diatur Khal sesuai nasihat Sara bahwa seornag istri harus menjalankan perintah istri selama itu dalam kebaikan-tidka menentang ajaran agama-.
Perjuangan mereka untuk merajut cinta, terlebih hubungan LDR, tentu saja tidak mudah. Apalagi komunikasi yang kadang terbilang kurang lancar karena sinyal yang tidak mendukung. Dan bagaimana kalau seseornag di masa lalu datang ingin menghancurkan rumahtangga yang sedang mereka bangun? Sanggupkah mereka menghadapinya?
Yang membuat novel ini susah untuk dilepaskan karena gaya penceritaanya yang luwes. Semua kejadian atau hal yang dipaparkan dalam novel ini masih terbilang masuk akal. Cara penulis merajut setiap kisah, keinginan-keinginan antara dua orang dengan kepala berbeda, kejadian-kejadian lucu yang terjadi di antara Chlo mempermanis kisah ini.
Saya membayangkan salah satu perjuangan mereka untuk tetap menjalin cinta adalah dengan mengirimkan foto setiap pagi sebelum beraktifitas, rasanya manis sekali. Atau aturan yang ditetapkan Khal untuk Chlo karena khawatir lelaki lain mengagumi tubuh Chlo dengan menyuruh Chlo mengenakan Baju muslim yang menutup rapat seluruh aurat, tidak boleh bermake up yang mencolok. Sedangkan Chlo adalah wanita yang modis. Tentu tidak mudah bagi Chlo untuk menjalani peraturan itu.
Novel ini diceritakan dari dua sudut pandang antara Chlo dan Khal, tiap-tiap bab bergantian menceritakan apa yang mereka rasakan dan apa yang mereka hadapi.
Yang paling penting, bahwa pesan yang ingin di sampaikan penulis tidak terkesan menggurui. Bahwa cinta memang harus diperjuangkan. Bahwa ketika kita menika, perjanjian kita itu langsung kepada Allah SWT, sehingga kita harus sadar untuk menjalani segala ketetapan yang mengikuti perjanjian tersebut.
Saya sematkan 4/5 untuk novel ini. Selamat berkarya Mbak Mumu.


#MumuRahadi #Novel #Baper #Rumahtangga #cinta

Comments

Popular posts from this blog

Novel Masih Tentang Dia Karya Titi Sanaria

Koleksi Pribadi Judul           : Masih Tentang Dia Penulis           : Titi Sanaria Penerbit        : Prima Anugerah Abadi Cetakan         : April 2018 Halaman       : 299 hal, 19 cm Genre            : Romance Ini kisah Lila dan Fendy yang harus berpisah karena sebuah kesalahpahaman yang menyakitka. Lila yang harus kehilangan bayi yang dikandungnya beserta sahabat karibnya. Dendam sekaligus benci yang memenuhi hati Lila membuatnya meninggalkan Fendy begitu saja. Dua tahun kemudian mereka tanpa sengaja bertemu kembali karena sebuah pekerjaan. Dan sebuah kesalahan terulang kembali. Fendy yang ingin kembali lagi bersama Lila, sedang Lila bertahan dengan Rindu dendamnya, akankah Fendy mampu menaklukan hati Lila kembali? Saya selalu menyukai tulisan-tulisan mbak Titi Sanaria. Alurnya yang pas dengan gaya bahasa yang ringan, hingga mbak Titi menyebut genre tulisannya adalah manis mantjaaah retjeh. Manis memang dan selalu membuat tersipu-sipu pembacanya. Mesk

Review Novel Janji yang Retak Karya Titi Sanaria

Koleksi Pribadi Judul Buku   : Janji yang Retak Penulis           : Titi Sanaria Penerbit        : Hope & Dream Publisher Cetakan       : Cetakan I, April 2017 Halaman      : 224; 13 x 19 cm Genre           : Metropop Seandainya seseorang yang kamu lihat mencintai kakakmu, bahkan mereka sempat bertunangan lalu tiba-tiba putus, dan mengajakmu menikah, apa yang akan kamu lakukan? Apakah kamu menolaknya? Bagi Sofie itu tidak dilakukannya, dia menerima Bara, laki-laki yang pernah menjadi kekasih, sahabat, sekaligus tunangan kakaknya. Sofie melakukan itu semua karena mencintai Bram.   Seiring berjalannya pernikahan mereka, tak ada kendala yang berarti. Bara meskipun dingin dan sedikit bicara tetapi dia menunjukkan perhatiannya kepada Sofie seolah-olah perlakuan itu seperti perlakuan seorang lelaki yang mencintai wanitanya. Namun sedikit demi sedikit Sofie kembali menghindar karena mengetahui jika Ana dan Bara masih sering berhubungan, bahkan dalam telfon Ana

Review Novel Sabda Luka karya S.Gegge Mappangewa

Judul Buku   : Sabda Luka Penulis          : S.Gegge Mappangewa Penerbit        : Penerbit   Indiva Media Kreasi Cetakan        : Pertama, Februari 2018 Genre               : Novel sastra ISBN              : 978-602-6334-47-3 Halaman        : 288 hal, 19 cm Betapa senangnya bisa menyelesaikan tulisan penulis besar, penulis ternama, penulis berprestasi S. Gegge Mapangewa. Sabda luka, novel karya beliau ini sungguh-sungguh membuat luka saat membacanya. Novel dengan latar cerita Sulawesi Selatan ini secara umum berkisah tentang kasih seorang ibu, luka seorang wanita yang ditinggal laki-laki yang dicintainya, kemudian luka ditinggal pergi selama-lamanya oleh anaknya. Sebenarnya sudah tidak diragukan lagi gaya penceritaan ataupuan bagaimana penulis mengolah alur hingga tetap memikat dan rasa luka yang ingin dia sampaikan lewat tulisannya terasa bagi pembaca.   Novel yang ditulis dengan dua penceritaan di dua tempat berbeda namun kemudian mempunyai hubungan erat den